Tempat Wisata di Bedugul, Bali

Berlibur ke pulau Bali, sangat direkomendasikan jika anda mengunjungi tempat wisata sejuk yang bernama Bedugul, yang keindahannya sangat memikat. Wilayah ini dikenal dengan udara yang cenderung dingin, selalu basah karena hujan, embun yang menetes di dedaunan hijau, serta kebun raya, pura Ulun Danu dan danau indah di sekitarnya seperti Bratan, Tamblingan dan Buyan. Banyak obyek menarik di kawasan ini yang menjadi bagian dari tempat wisata terkenal di Bali yang selalu masuk dalam agenda (itinerary) travel agent. Jika anda ingin lebih mengenal kawasan Bedugul ini.

Akses ke Lokasi

Jika anda berlibur ke pulau Bali dan ingin mengunjungi kawasan Bedugul, maka arahkan kendaraan anda ke wilayah Utara melalui jalur tengah. Letak kawasan ini berada tepat di perbatasan kabupaten Tabanan dan Singaraja yang dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 50KM dari kota Denpasar atau sekitar 70KM dari pantai Kuta. Jika perjalanan anda berasal dari utara (Singaraja), maka waktu tempuh sekitar setengah jam atau dengan jarak 35 KM. Biasanya wilayah sejuk Bedugul ini dikunjungi setelah maupun sebelum wisatawan berkunjung ke pantai Lovina di Bali Utara. Tempat ini sangat strategis karena dikelilingi banyak obyek menarik.

Kegiatan Wisata

Berkunjung ke Bedugul Bali sangat menyenangkan. Karena ada banyak obyek yang populer dan menarik untuk anda lihat selain outbound. Apa saja tempat dan kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di sana? Berikut pilihan destinasi yang kami susun sebagai panduan liburan anda.

  1. Pura Ulun Danu. Inilah maskot (icon) yang sangat terkenal dan selalu menghiasi banyak media info yang terkait dengan pulau Dewata. Jika anda melihat gambar/foto pura Ulun Danu maka langsung mengetahui bahwa pasti membahas tentang Bali. Kawasan Bedugul menjadi sangat terkenal karena keindahan pura yang seolah berada di tengah danau Bratan ini. Tempat ini sangat tepat bagi anda yang ingin berfoto pre wedding, selfie eksotis atau bahkan menjadi lokasi menginap yang tenang dan romantis bagi kalian yang sedang berbulan madu (honeymoon). Tiket masuknya sekitar 10,000 – 30,000 per orang (wisatawan domestik dan mancanegara berbeda).
    ikon wisata bedugul

    Pura Ulun Danu

  2. Danau Bratan. Masih satu area dengan pura Ulun Danu. Tetapi jika anda ingin bermain-main di danau seperti sepeda air, kano, berenang maupun paralayang (parasailing) maka letaknya sekitar 100 meter dari lokasi pura, di sisi kanan. Di sini anda juga dapat mencicipi aneka makanan yang lezat dengan menu ikan air tawar. Danau di Bedugul ini termasuk wisata Bali yang paling stabil jumlah pengunjungnya. Saran terbaik bagi anda yang ingin berfoto dengan hasil terbaik adalah di pagi hari. Karena menjelang siang apalagi sore, tempat ini menjadi berkabut dan bahkan sering hujan.
    danau bratan

    Danau Beratan

  3. Kebun Raya Bali. Lebih dari 2000 spesies tanaman yang menjadi koleksi Eka Karya Botanic Garden di Bedugul ini. Masih seperti kebun yang menjadi tempat tujuan wisata di Bogor, Botanic Garden juga dikelola oleh LIPI (Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia). Jadi anda dapat belajar mengenal tumbuh-tumbuhan dan berekreasi di kawasan yang sejuk serta sejauh mata memandang, warna hijau sangat mendominasi. Harga tiket masuk di Kebun Raya ini sekitar 7.000 hingga 18.000 per orang. Di area dengan luas 157,5 hektar ini ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan, seperti: wisata petik strawberry, bermain di tree-top (berjalan di antara pohon dengan tali) serta berfoto di antara bunga-bunga yang menarik.
    kebun raya bedugul

    Kebun Raya

  4. Danau Buyan. Kawasan konservasi alam yang sangat indah dan alami ini merupakan yang terbesar dari tiga danau kembar di Bedugul. Salah satu tempat wisata di Bali yang belum tersentuh prasarana akomodasi ini masih menyimpan pesona hutan perawan yang jarang disinggahi pengunjung. Kalangan seniman yang mencari ispirasi di dalam keheningan sangat menyukai keindahan danau Buyan. Tidak heran jika kita temukan pelukis yang sedang mencoret-coret kanvas di pinggir danau.
    danau buyan

    Danau Buyan

  5. Danau Tamblingan. Banyak yang menyebutkan bahwa tempat wisata ini kembarannya Buyan karena berjejer. Ada sebelas pura yang mengeliling danau yang berasal dari kata “tamba” dan “elingang” yang berarti secara umum adalah obat yang mujarab. Hal ini disebabkan konon air danau Tamblingan pernah digunakan untuk menyembuhkan wabah penyakit yang menjalar di desa setempat. Danau ini masih masuk kawasan gunung Lesung Bali yang berbatasan dengan kawasan Bedugul.
    danau tamblingan

    Danau Tamblingan

  6. Pasar Buah Candi Kuning. Di dekat di pintu masuk Kebun Raya Eka karya (botanical garden) berjejer pasar buah yang menawarkan buah khas setempat. Strawberry, Markisa, Mangga, Jambu Air dan sayuran segar adalah yang utama ditawarkan di tempat ini. Biasanya wisatawan yang menginap di apartemen atau villa dan memasak sendiri, menyempatkan untuk belanja buah dan sayuran di tempat ini. Tips menawar 50% masih berlaku jika anda ingin mendapatkan harga buah-buahan yang murah di sini.
    pasar buah bedugul

    Pasar Buah

  7. Kuliner Ayam Betutu. Di dekat pintu masuk di jalan utama Bedugul ini terdapat beberapa penjual masakan khas yaitu menu Ayam Betutu. Salah satunya adalah milik pak Nyoman yang selalu disinggahi oleh wisatawan. Melakukan wisata kuliner di Bali menjadi lebih lengkap jika anda mencoba mencicipi masakan ayam Betutu ini.
    ayam betutu bedugul

    Kuliner Ayam Betutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *